Memanas! Besok Ada Perombakan AKD di DPRD Kuningan, Apa Penyebabnya?
Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Jalan RE Martadinata Desa Ancaran.

Memanas! Besok Ada Perombakan AKD di DPRD Kuningan, Apa Penyebabnya?

SiwinduMedia.com – Meskipun dalam suasana puasa Ramadhan 1444 H, namun justru ada suasana sedikit memanas di gedung DPRD Kuningan.

Kabarnya, bakal ada perombakan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kuningan. Terdapat 4 Fraksi yang telah mengajukan perombakan tersebut, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi PKB, dan Fraksi Gerindra Bintang.

Dari 4 usulan Fraksi ini, disinyalir bakal mempengaruhi jalannya Pansus “Gagal Bayar”, yang di dalamnya terdapat Fraksi Gerindra sebagai salah satu pengusul Pansus tersebut.

Kabar akan dirombaknya AKD ini, tersiar di gedung DPRD Kuningan, Selasa (11/4/2023). Bahkan tampak 3 pimpinan DPRD, terdiri dari Ketua DPRD Nuzul Rachdy, Wakil Ketua H Ujang Kosasih dan Wakil Ketua H Dede Ismail, beserta sejumlah anggota dewan lainnya.

Diketahui, Selasa siang ini mereka telah menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan rapat paripurna. Perombakan AKD ini telah direncanakan dan akan disepakati melalui sidang paripurna internal, Rabu besok (12/4/2023).

Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, membenarkan akan adanya perombakan AKD. Hanya saja Ia tidak panjang lebar menjelaskan apa penyebab adanya usulan 4 Fraksi untuk perombakan AKD itu. “Iya (ada perombakan AKD, red),” singkat Nuzul tanpa menyebut siapa penggagas adanya perubahan AKD itu.

Baca Juga:  Jelang Berbuka Puasa, Jembatan Cirombeng Tiba-tiba Ambruk Membuat Akses Jalan Desa Jabranti Menuju Karangkancana Terputus

Untuk diketahui, terdapat sejumlah AKD di DPRD Kuningan, terdiri dari 4 Komisi (Komisi 1, 2, 3, dan 4), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), dan Badan Kehormatan (BK).

Saat ini, Komisi 1 diketuai Rany Febriani (Fraksi Demokrat), Komisi 2 diketuai Moh Apip Firmansyah (Fraksi PKB), Komisi 3 diketuai Dede Sudrajat (Fraksi PKS), dan Komisi 4 diketuai Tresnadi (Fraksi PDI Perjuangan).

Sedangkan Bapemperda saat ini masih diketuai H Didit Pamungkas dari Fraksi Golkar, dan Ketua BK saat ini diketuai H D Rusliadi dari Fraksi PDI Perjuangan.

Cek Juga

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

SiwinduMedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, memberikan pernyataan bahwa pengumuman DPP …