Cukup 3 Periode di DPRD Kuningan, Pileg 2024 Toto Suharto Bidik Kursi DPRD Jabar
Anggota DPRD Kuningan 3 Periode, Toto Suharto, siap melenggang ke Gedung DPRD Jawa Barat, untuk Pileg 2024. FOTO : IST

Cukup 3 Periode di DPRD Kuningan, Pileg 2024 Toto Suharto Bidik Kursi DPRD Jabar

SiwinduMedia.com – Menjadi anggota DPR, baik di Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, menjadi cita-cita tersendiri bagi banyak orang. Jabatan wakil rakyat ini menjadi primadona yang saat ini mulai diperebutkan.

Namun tak sedikit pula orang yang ingin menjadi anggota dewan, mempunyai niatan tulus untuk benar-benar mengabdi kepada masyarakat. Bahkan saking tulusnya, ada pula anggota dewan yang tidak mengambil gaji, dan haknya itu diberikan untuk mereka yang lebih membutuhkan.

Baik DPR, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota, anggota Dewan memiliki 3 tugas mulia, yakni Controling (Pengawasan), Budgeting (Penganggaran), dan Legislasi (Membuat Undang-Undang / penyempurnaan perangkat hukum).

Salah satu tokoh politik yang sudah malang melintang di Kuningan, adalah Drs H Toto Suharto SFarm Apt. Ia ternyata sudah duduk di kursi DPRD Kabupaten Kuningan selama 3 periode hingga sekarang. Toto menang Pileg pada tahun 2009, 2014, dan 2019.

Awalnya, Toto Suharto bukanlah seorang politisi, melainkan Apoteker di Rumah Sakit Wijaya Kusumah Kuningan. Pria berbadan tegap dengan ciri khas kumis tebal ini, kemudian mencoba masuk ke wilayah politik, dengan mencalonkan anggota DPRD Kuningan pada Pileg 2009.

Baca Juga:  Jawa Barat Jadi Provinsi dengan Jumlah Pemilih Terbanyak di Pemilu 2024

Maju dari Dapil Kuningan 2 (Kecamatan Kramatmulya, Jalaksana, Japara, Cigandamekar, Cilimus, Pancalang, Pasawahan, dan Mandirancan), Toto Suharto pun sukses dan terpilih menjadi anggota Dewan.

Semenjak itu, ia langsung aktif, dan karirnya di politik langsung moncer. Ia kemudian terpilih pula menjadi Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan, dan menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Periode 2009-2014.

Pada Periode 2014-2019, Toto mengalami naik turun jabatan, baik di DPD PAN maupun di DPRD Kuningan. Kala itu posisinya sebagai Ketua DPD PAN digantikan H Udin Kusnedi SE MSi, hasil dari Musda saat itu, dan Toto pun di DPRD menjadi anggota biasa, lantaran kursi PAN turun dari 8 menjadi 5.

Cukup 3 Periode di DPRD Kuningan, Pileg 2024 Toto Suharto Bidik Kursi DPRD Jabar
Politisi senior PAN Kuningan, Toto Suharto, foto bersama konstituennya di Dapil 2 Kuningan, saat musim Pemilu tahun 2019. FOTO : DOK/SIWINDUMEDIA.COM

Semangatnya berkarir di dunia politik tetap berkobar. Ia pun kini menyatakan diri untuk maju sebagai Bakal Calon anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029. Ia mendaftar dari PAN dan siap maju mewakili masyarakat Dapil Jabar 13 (Kabupaten Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran).

Pria kelahiran Kuningan, 25 Juni 1966 (57 tahun) ini, merasa cukup hanya 3 periode duduk di kursi DPRD Kuningan. Ia optimis karirnya akan berlanjut ke DPRD Jabar pada Pileg 14 Februari 2024 mendatang, untuk dirinya lebih leluasa dalam berbakti memperjuangkan rakyat Kabupaten Kuningan khususnya, dan Dapil Jabar 13 pada umumnya.

Baca Juga:  Sistem Pemilu 2024 Kemungkinan Tertutup? PDI-P Kuningan : Apapun Kami Siap

“Bagi saya cukup lah 3 periode saja di DPRD Kuningan, sudah 15 tahun berarti saya menjadi anggota DPRD Kuningan. Insya Allah untuk selanjutnya saya maju untuk DPRD Jawa Barat, maju dari Dapil Jabar 13,” tegas Toto, saat diwawancarai Siwindumedia.com, Senin (10/4/2023).

Dari biodatanya, Toto merupakan tokoh Kuningan yang berasal dari Desa/Kecamatan Japara. Istrinya, Sumiyati Am Keb beserta kedua putranya, dr Mediana Rosela Wijaya dan dr Santhy Ali Sandi, telah memberikan izin untuk Toto maju menuju DPRD Jabar.

“Tentu saja ini (Pencalonan DPRD Jabar, red) atas seizing keluarga. Istri dan anak-anak saya sudah mengizinkan. Insya Allah kami akan sama-sama berjuang untuk kemaslahatan bersama masyarakat,” tutur Toto.

Sama seperti Bakal Caleg lainnya, Toto pun sudah pasti memiliki visi misi yang dirasanya cocok untuk posisi Caleg Jabar. Yakni “Jabar Lebih Baik, Kuningan Maju, Rakyat Sejahtera”.

“Do’ain saja mudah-mudahan cita-cita ini terkabul oleh Allah SWT. Tidak ada kata sukses tanpa berjuang keras. Maka dari itu, kita akan terus berjuang untuk masyarakat melalui lembaga politik DPRD,” pungkas Toto.

Baca Juga:  Pengedar Narkoba Berkeliaran di Kuningan, Polisi Berhasil Ungkap Ini!

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …