Diawali Shalat Dhuha, Ratusan Siswa MI Al-Ikhlash Ciawilor Ikuti Kajian Ramadhan 1444 Hijriah
Ratusan siswa MI Al-Ikhlash Ciawilor Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, mengikuti kegitan Kajian Ramadhan selama seminggu ke depan. Pembukaan diawali Shalat Dhuha, Senin pagi (10/4/2024). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Diawali Shalat Dhuha, Ratusan Siswa MI Al-Ikhlash Ciawilor Ikuti Kajian Ramadhan 1444 Hijriah

SiwinduMedia.com – Guna mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ikhlash Ciawilor, Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, menggelar kegiatan Kajian Ramadhan selama beberapa hari ke depan.

Senin (10/4/2023), madrasah menggelar kegiatan Shalat Dhuha dan Tadarus Al-Qur’an secara bersama-sama, dilanjutkan dengan Kajian Ramadhan. Kesemuanya ini dilakukan di mushola madrasah dengan mengikutsertakan seluruh warga MI Al-Ikhlash.

Anton Sulaeman MPd selaku Kepala Madrasah MI Al-Ikhlash Ciawilor mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sesuai dengan kurikulum madrasah, di bawah Yayasan Islam Ta’limiyah Al-Ikhlash yang setiap tahunnya dilaksanakan.

“Pada Bulan Ramadhan 1444 H ini kami selain menyelenggarakan proses belajar mengajar di kelas, juga membuat kegiatan di minggu terakhir masuk sekolah,” kata Anton kepada SiwinduMedia.com.

Diawali Shalat Dhuha, Ratusan Siswa MI Al-Ikhlash Ciawilor Ikuti Kajian Ramadhan 1444 Hijriah
Para siswa MI Al-Ikhlash mengikuti Kajian Ramadhan di Mushola sekolah ini, Senin (10/4/2023).

Kegiatan bertema “Kajian Ramadhan” tersebut, diisi dengan kuliah umum materi-materi keagamaan yang disampaikan oleh para guru, secara bergantian sesuai dengan jadwal dan tema yang sudah ditentukan madrasah.

“Tentunya kegiatan kajian Ramadhan ini juga selaras dengan Surat Edaran dari Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, tentang KBM selama Bulan Ramadhan 1444 H Nomor 2803/kk.10.08/2/PP.00/3/2023, yang menerangkan bahwa penyelenggaraan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan, diserahkan kepada satuan pendidikan madrasah masing-masing sesuai kalender pendidikan madrasah,” ujarnya.

Baca Juga:  12 Tersangka Pencuri Dibekuk Sat Reskrim Polres Kuningan, Barang Bukti Diserahkan ke Pemilik

Anton juga mengatakan, dengan diadakannya Kajian Ramadhan ini, diharapkan dapat menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan bagi anak didik, dan menjadikan mereka anak-anak yang shaleh dan shalehah.

“Besar harapan dengan diadakan Kajian Ramadhan ini dapat menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan bagi anak didik kami, khususnya tentang hal yang berhubungan dengan ibadah di bulan suci Ramadhan, dan menjadikan mereka anak-anak yang shaleh dan shalehah serta menjadi insan yang bertaqwa,” harapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu minggu ke depan. Hari akhir kegiatan akan diselenggarakan penerimaan pembayaran zakat fitrah, bagi siswa dan siswi yang pada tahun ini pelaporan zakat tersebut menggunakan aplikasi zakat UPZ.

Cek Juga

Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi, Unisa dan Trisakti Jalin Kerjasama

Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi, Unisa dan Trisakti Jalin Kerjasama

SiwinduMedia.com – Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan dan Universitas Trisakti sepakat menggelar kerjasama. Hal itu …