Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa PGSD dan ISC STKIP Muhammadiyah Kuningan Kolaborasi Kegiatan di Desa Kadugede
Puluhan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan, foto bersama di depan Balai Desa Kadugede, saat akan melaksanakan kegiatan PKM. FOTO : IST

Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa PGSD dan ISC STKIP Muhammadiyah Kuningan Kolaborasi Kegiatan di Desa Kadugede

SiwinduMedia.com – Kolaborasi yang kompak antara Himpunan Mahasiswa PGSD dan UKM Islamic Study Club (ISC) STKIP Muhammadiyah Kuningan, menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa/Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.

Kegiatan Bulan Suci Ramadhan tersebut dimulai dari Jumat-Sabtu (7-15/4/2023). Bertajuk “Tebarkan Manfaat, Tumbuhkan Jiwa Sosial dan Tingkatkan Kepedulian Kepada Masyarakat Bersama HIMA PGSD dan ISC”.

Pembukaan PKM telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Balai Desa Kadugede. Dibuka langsung oleh Pembina UKM ISC STKIP Muhammadiyah Kuningan, Asep Usamah MPdI. Acara dihadiri pula oleh Kepala Desa Kadugede, Maman Abdurrahman, Ketua Prodi PGSD Agus Saeful Anwar MPd, dan jajaran Anggota Kehormatan ISC, Pengurus HIMA PGSD serta Pengurus ISC.

Menurut Kepala Desa Kadugede, Maman Abdurrahman, Pemdes Kadugede menyambut baik kedatangan pembina dan mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan bersilaturahim di desanya.

Tugas Kepala Desa itu untuk melaksanakan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, kata Maman. Kegiatan tersebut, sangat tepat sekali, karena mengabdikan diri kepada masyarakat yang menebarkan manfaat sosial.

“Kami atas nama Kepala Desa Kadugede mengucapkan selamat datang. Harapannya dapat memberdayakan masyarakat, sehingga mengerti dan mengikuti setiap kegiatan yang mencakup beberapa hal, diantaranya pendidikan dan kesehatan,” tutur Maman.

Baca Juga:  Polres Kuningan Dapat Dana Hibah 3 Miliar dari Pemda

“Dalam bidang pendidikan, di Desa Kadugede sudah lengkap, mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi. Pada bidang kesehatan, ada Posyandu serta kegiatan Posbindu,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan PKM merupakan salah satu program rutinitas tahunan, yang pada kesempatan ini dilaksanakan secara kolab antara HIMA PGSD dan UKM ISC STKIP Muhammadiyah Kuningan.

“Dalam kegiatan ini ada dua pihak yang bergabung sebagai panitia dari Himpunan Mahasiswa PGSD dan Lembaga Dakwah Kampus yaitu UKM Islamic Study Club (ISC),” ujar Asep.

PKM sendiri, lanjut Asep, merupakan kegiatan tahunan. Namun harapannya setelah melaksanakan di setiap desa, harus ada tindak lanjut. Tidak hanya sebagai kegiatan tahunan saja dengan desa, tetapi kolaborasi bersama Karang Taruna dan IRMAS yang ada di Desa Kadugede.

“Dari program yang dijalani ini, mahasiswa dapat bekerja sama dan bersilaturahmi bersama masyarakat, serta berilmu tentang bagaimana rencana kehidupan di desa masing-masing,” ucap Asep Husamah, Pembina ISC.

Ikut menambahkan, Uhin, Ketua panitia kegiatan. Dikatakan, PKM menjadi salah satu pondasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain dengan pengabdian kepada masyarakat, para mahasiswa termasuk Himpunan Mahasiswa PGSD dan ISC akan memiliki peluang besar, untuk menerapkan ilmu dan bersilaturahmi dengan masyarakat.

Baca Juga:  Mobil Bupati Kuningan Alami Kecelakaan, 2 Pengendara Meninggal di Lokasi

“Ucapan terima kasih kepada Lembaga, Ketua Prodi PGSD, pembina UKM ISC yang sudah banyak mendukung, sehingga PKM ini dapat terlaksana. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 9 hari,” kata Uhin.

Bertema “Tebarkan Manfaat, Tumbuhkan Jiwa Sosial dan Tingkatkan Kepedulian Kepada Masyarakat Bersama HIMA PGSD dan ISC”, kegiatan PKM ini bergerak dalam bidang Pendidikan, Sosial dan Keagamaan.

Cek Juga

1.026 Jama'ah Calon Haji dari Kuningan Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

1.026 Jama’ah Calon Haji dari Kuningan Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

SiwinduMedia.com – Musim haji tahun 2024 ini sudah di depan mata. Kementerian Agama tengah bersiap …