Ketua Baznas Kuningan Kembali Pimpin DKM Syiarul Islam 5 Tahun ke Depan
Jajaran pengurus DKM Syiarul Islan Kuningan foto bersama Bupati usai pelantikan kepengurusan DKM yang kembali dipimpin HR Yayan Sofyan, Sabtu (1/4/2023). FOTO : IST

Ketua Baznas Kuningan Kembali Pimpin DKM Syiarul Islam 5 Tahun ke Depan

SiwinduMedia.Com Untuk Periode kedua, yakni 2022-2026, Ketua Baznas Kabupaten Kuningan Drs HR Yayan Sofyan MM kembali terpilih dan dipercaya untuk memimpin Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Syiarul Islam Kuningan.

Yayan Sopyan beserta jajarannya dilantik oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH melalui Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan H Nunung Nurjati. Pelantikan telah dilaksanakan di Aula Masjid Syiarul Islam Kuningan, Sabtu (1/4/2023).

Dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Kesra, Bupati berharap, dengan dilantiknya kepengurusan DKM yang baru, dapat menguatkan struktur dan kultur yang berorentasi kemajuan, khususnya untuk menjadikan Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan sebagai pusat pemberdayaan umat di berbagai bidang kehidupan.

Menurutnya, sejarah mencatat bahwa Rasulullah SAW sering memfungsikan Masjid sebagai pembinaan umat, sehingga sangat beralasan jika Masjid bukan sekedar membimbing umat melaksanakan ibadah ritual, tetapi juga menyuburkan ibadah sosial.

“Untuk itu pengurus DKM Masjid Agung Syiarul Islam agar berupaya untuk memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan, sekaligus mengakomodasi seluruh elemen masyarakat yang ingin berpartipasi memakmurkan masjid,” harapnya.

Baca Juga:  Di Balik Mahakarya Pertunjukan teATeR SADO, Ada Jejak Aan Sugianto Mas

Sementara itu, Ketua DKM Agung Syiarul Islam HR Yayan Sopyan menyampaikan, dalam menjalankan amanahnya mohon dukungan, dorongan dan arahan dari para sepuh, para pembina, Ketua MUI, Ketua DMI, dan doa dari masyarakat agar dalam mengelola Masjid ini dapat amanah.

Salah satu program di Masjid Syiarul Islam, kata Yayan, yakni adanya Rumah Tahfidz Qur’an yang belum lama sudah melantik 67 peserta, bahkan pesertanya ada yang dari pengurus Masjid. Selain itu, memberikan pelajaran dengan banyak mendidik santri-santri muda dan tua. Ia berharap ke depan bisa lebih dimanfaatkan lagi dengan berbagai program kegiatan bagi umat.

“Terima kasih kepada Bupati Kuningan atas segala dukungannya. Begitu juga untuk kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan. Insya Allah Ia akan menjadi Khotib di Masjid Syiarul Islam pada Shalat Hari Raya Idul Fitri sekarang,” katanya.

Yayan menuturkan, adanya pembangunan Taman Kota (Tamkot) berepengaruh juga dengan banyaknya pengunjung. Sehingga Masjid Syiarul Islam sering muncul di Medsos, apalagi dengan tampilan renovasi sekarang. Tentu hal ini bertambah juga jemaah ke Masjid dari berbagai daerah.

Baca Juga:  Fantastis! Inilah Harta Kekayaan Bupati Kuningan Berdasarkan LHKPN

Cek Juga

1.026 Jama'ah Calon Haji dari Kuningan Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

1.026 Jama’ah Calon Haji dari Kuningan Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

SiwinduMedia.com – Musim haji tahun 2024 ini sudah di depan mata. Kementerian Agama tengah bersiap …