80.147 Anak di Kuningan Akan Divaksin Anti Polio
Bupati Kuningan dan Ketua TP PKK bersama Dinkes, melepas balon ke udara sebagai tanda dimulainya pekan imunisasi polio, di Kabupaten Kuningan, Senin (3/4/2023). FOTO : kuningankab.go.id

80.147 Anak di Kuningan Akan Divaksin Anti Polio

SiwinduMedia.Com – Imbas dari ditemukannya laporan kasus lumpuh layuh akut dengan hasil lab terdeteksi Polio VDPV tipe 2 di Kabupaten Purwakarta, Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub Pin) di Seluruh Wilayah Jawa Barat atas kejadian luar biasa tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan kemudian melakukan pencanangan Sub Pekan Imunisasi secara serentak di 37 wilayah kerja Puskesmas se-Kabupaten Kuningan, bertempat di Aula Kelurahan Cijoho, Senin (3/4/2023).

Bupati Kuningan H Acep Purnama hadir didampingi oleh ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Rahmatika, Ketua DWP Hj Ela Dian Yanuar Plt Camat Kuningan H Toni Kusumanto, Kepala Dinas Kesehatan, dr Hj Susi Lusiyanti, untuk meninjau secara langsung dimulainya proses Sub pekan Imunisasi polio tersebut.

Sub pekan Imunisasi Nasional sendiri akan dilakukan selama 2 putaran, dimana putaran pertama akan dilaksanakan mulai tanggal 03 sampai dengan 12 April yang dilanjutkan dengan sweeping selama 5 hari. Dengan target sasaran balita usia 0-59 bulan sebanyak 80.147 anak yang akan diberikan tetes polio NOPV dengan target cakupan sebesar 95 persen di setiap putarannya.

Baca Juga:  Uniku Selenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bekerjasama dengan PGRI

Sementara untuk putaran kedua akan dilaksanakan pada 15 Mei mendatang. Di depan para warga yang membawa putera-puterinya untuk melaksanakan pin polio tersebut, Bupati Acep menyampaikan bahwa sub pin polio ini dilakukan dengan pemberian dua tetes vaksin polio pada setiap anak dan membutuhkan dua dosis lengkap atau dua kali vaksinasi dengan jarak waktu satu bulan.

“Ingat, vaksinasi itu aman dan efektif melindungi dari polio, agar anak-anak kita, anak-anak kabupaten kuningan, generasi penerus bangsa, bebas lumpuh, bebas polio, sehat, juara dan menjadikan kabupaten Kuningan yang maju,” tutur Acep.

Lebih lanjut, Acep juga menghaturkan terimakasih kepada Jajaran camat, kuwu, Ketua Tim Penggerak PKK baik Kecamatan maupun Desa, serta Ibu-ibu kader yang dengan gerak cepat telah melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan Sub Pin Polio dan juga melakukan penggerakan sasaran Vaksinasi Polio ini. Dan ke depan mohon untuk lebih mengintensifkan penggerakkan sasaran tersebut sampai pelaksanaan Sub Pin Polio ini selesai di bulan Mei mendatang.

Acara dilanjukan dengan melepas secara simbolis balon ke udara sebagai tanda di mulainya kegiatan Sub Pin Polio Nasional di Kabupten Kuningan oleh Bupati Acep Purnama bersama Ketua Tim Penggerak PKK. Selanjutnya Bupati Acep meninjau secara langsung proses pemberian Vaksin Polio dengan menggendong salah satu balita selama proses tetes Vaksin.

Baca Juga:  DPRD Kuningan Bakal Bentuk 4 Pansus, Bahas LKPJ Bupati TA 2022

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …